Kamis, 31 Januari 2013

Pulau Nusa Kode, Taman Nasional Komodo

Pulau Nusa Kode dilihat dari Loh Dasami, Pulau Rinca

Waktu saya kecil, saya pernah membaca buku yang mengatakan bahwa Indonesia itu adalah negara kepulauan.Saat itu saya hanya bisa membayangkan dan melihatnya saja di peta. Setelah saya berkesempatan berkeliling di kawasan Taman Nasaional Komomo,NTT, saya baru percaya bahwa Indonesia ini ternyata benar-benar negara kepulauan. Petualangan saya kali ini sampailah saya ke suatu pulau yang bernama Pulau Nusa Kode.

Tak banyak yang tahu kalau di Taman Nasional Komodo terdapat pulau ini. Pulau kecil yang tak berpenghuni ini sangat jauh, berada di balik pulau rinca sehingga keberadaanya tak banyak diketahui. Untuk kesana diperlukan waktu selama 5 jam perjalanan menngunakan perahu mesin. Menurut namanya Nusa Kode memiliki arti Nusa = Pulau dan Kode = Monyet, jadi  Nusa Kode disebut pulau monyet. Entah kenapa disebut pulau monyet apakah dahulu banyak monyet atau ada legenda lain.

senja di Nusa kode

Terdapat juga komodo (Varanus komodoensis) di pulau ini. Hanya saja biawak Komodo di pulau ini ukuran tubuhnya tak sebesar di 2 pulau besar lainnya yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Ada teori yang mengatakan bahwa adanya gigantisme pulau. Maksudnya adalah ukuran tubuh suatu makhluk hidup menyesuikan dengan seberapa besar tempat dia berada. Hal ini terkait oleh faktor makanan yang sedikit, jenisnya tak bervariasi dan kompetitior dari individu lain. Sehingga suatu makhluk hidup harus bisa fitness (menghasilkan keturunan) pada daerah yang sempit.

Pulau Nusa Kode dari dekat

Pulau Nusa Kode memiliki bentuk topografi yang curam dengan bukit-bukit yang menjulang tinggi dan vegetasi yang berupa semak berduri yang lebat. Hutan disini sangat sulit untuk ditembus. Disebelah selatan pulau ini langsung berbatasan denga samudra Hidia dengan ombak yang besar. Di sebelah utara pulau airnya sangat tenang dan terdpat banyak terumbu karang serta berbagai spesies ikan. Hal yang menarik di sini adalah kita bisa melihat kawanan lumba-lumba yang sedang asik bermain dan pari manta.



Salam lestari!!!

Kenalilah alammu, Lestarikan isinya dan Jagalah Bumi mu.....








Tidak ada komentar:

Posting Komentar