Kamis, 31 Januari 2013

Kain Songke Manggarai Barat

Banyak hal yang menarik dari Flores selain alamnya yang sangat cantik. Mulai dari rumah adat, adat istiadat, budaya, dan jenis busananya, mampu memikat hati wisatawan.

Kain Songke khas Manggarai Barat
Hal lain yang juga ikut mencuri hati wisatawan adalah kecantikan kain songket khas Flores. Setiap daerah di sana memiliki ciri khas pada corak gambar dan warna kain songket, seperti yang ada di Manggarai Barat. Orang Manggarai Barat biasa menyebut kain songket dengan songke. Corak, warna dan gambar pada kain songket ini, tidak dibuat asal-asalan. Ada makna tertentu yang tersirat dalam 'wajah' kain songket tersebut. Pembuatan desain kain songket Flores, dilakukan dengan mengikat benang-benang lungsi.

Alat tenun kain songke
Pekerjaan ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Bahkan terkadang ada yang mengerjakannya sampai berbulan-bulan tergantung motif dan kesulitan pola. Pantas saja, kalau harga kain songket di sana sangatlah mahal. Meski begitu, harga berbanding lurus dengan bagusnya songket yang dihasilkan. Tingkat kesulitan dan lama waktu pengerjaan menjadi pertimbangan harga. Setiap kain memiliki harga paling murah sekitar Rp 350.000. Walaupun harganya tidak bersahabat dengan para backpaker atau pelajar, tapi dijamin puas dengan hasilnya. Tips dalam memilih kain tenun adalah dilihat dengan teliti tenunannya, apakah halus atau kasar dan kerapian tenunan.

Salam Indonesia.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar